Unggul 3-0, Warrios Bakal Juarai NBA Musim 2017/2018?

Posted on

Perebutan juara NBA musim 2017/2018 sepertinya sudah hampir mendekati akhir. Dan tampaknya musim ini gelar terbaik besar kemungkinan akan diperoleh oleh Golden State Warriors. Terbaru, Warrior yang bertandang ke Quicken Loans Arena mampu mempermalukan Cleveland Cavaliers dengan skor 110-102. Kemenangan ini membuat Warriors unggul 3-0 dalam gim final NBA.

 

Sepanjang sejarah NBA, tak ada satupun tim yang gagal juara saat sudah unggul 3-0. Dengan demikian Warriors semakin dekat untuk mempertahankan gelar juaranya. Bisa dibilang kalau dalam gim ketiga yang digelar Kamis (7/6) kemarin, Kevin Durant adalah sosok terpenting. Mantan pemain Oklahoma City Thunder itu mampu membukukan double-double dengan total 43 poin dan 13 rebound.

 

Kemuraman jelas terlihat di kubu Cavs, padahal mereka sudah memimpin di dua kuarter awal dan sempat unggul 58-52 kala memasuki jeda. Namun Warriors langsung tampil garang dan balik unggul 83-81 setelah meraih 31 poin tambahan di kuarter ketiga. Bisa dibilang kalau 12 menit terakhir adalah saat-saat paling seru karena baik Warriors dan Cavs saling mengejar angka. Cavs sempat unggul lagi dengan 101-100 saat laga tersisa dua menit saja.

 

Namun lagi-lagi, Durant membuat Warriors bernafas panjang usai melesakkan tembakan tiga angka dari jarak jauh sehingga angka berubah jadi 106-100 di 50 detik terakhir. Melihat penampilan luar biasa Durant, Steve Kerr selaku pelatih Warriors kepada ESPN tak bisa menutupi rasa bangganya. Kendati sudah kalah, Cavs masih tetap semangat menyambut final gim keempat yang digelar Sabtu (9/6) malam waktu setempat.

 

Stephen Curry Cetak Rekor Baru

 

Jika Durant adalah pahlawan di gim ketiga, Stephen Curry sempat dielu-elukan pada final gim kedua. Digelar di Oracle Arena hari Senin (4/6) pagi WIB, Curry adalah tokoh togel terpercaya penting di balik kemenangan 122-103 Warriors atas Cavs. Pemain yang memiliki dua gelar MVP itu mencatat 33 poin termasuk 27 poin dari sembilan kali tembakan tiga angka yang sukses.  Hal ini rupanya membuat Curry mencatat rekor baru sebagai pemain dengan tembakan tiga angka sukses terbanyak dalam satu laga final NBA sepanjang sejarah.

 

Apa yang dilakukan Curry ini membuatnya mematahkan rekor Ray Allen yang membukukan delapan tembakan tiga angka sukses di final NBA musim 2010. Saat itu pertandingan final menyajikan Boston Celtics melawan Los Angeles Lakers. Bukan itu saja, Curry juga berstatus sebagai pencetak tiga angka terbanyak dalam final dengan 90 kali leparan tiga angka sukses dari 20 laga.

 

Rekor LeBron James Yang Tak Berguna

 

Kalah 0-3 di babak final jelas membuat Cavs menyalakan tanda bahaya. Namun perlu dicatat, kekalahan ini didapatkan Cavs usai pertandingan yang sangat ketat. Jelas hal ini membuat prestasi James seolah terlupakan. Karena dalam gim pertama hari Jumat (1/6) pada final NBA 2018, James sukses mengumpulkan 51 poin meskipun akhirnya Cavs kalah 114-124 atas Warriors lewat tambahan waktu.

 

Dalam pertandingan di Oracle Arena itu, Cavs sebetulnya bermain ngotot sehingga kedua tim menutup paruh pertama dengan sama-sama kuat yakni 56-56. Namun memasuki kuarter tiga, Cavs mulai loyo hingga tertinggal 84-78. Mereka lalu mulai menekan balik dan mulai unggul 106-104. Namun keputusan kontroversial wasit di saat James menghadap Durant membuat Warriors memperoleh dua kali tembakan bebas sehingga unggul 107-106. Sempat imbang, Cavs justru kehilangan energi di perpanjangan waktu dan menyerah.